19 November 2009

Cinta Butuh Pemahaman

Cinta merupakan hal yang fitrah bagi setiap manusia. Manusia dianugerahi rasa cinta supaya hidup ini menjadi indah. Pernahkah kita bertanya keberadaan cinta itu? Ya, cinta itu ada dalam setiap manusia tergantung dari cara penyampaian cinta itu.

Apakah cinta itu? Banyak definisi mengenai cinta, sudut pandang seorang ilmuwan, sudut pandang seorang aktivis dakwah, sudut pandang seorang ibu, dan masih banyak lagi sudut pandang mengenai cinta.

Pertanyaan pertama, Apakah cinta itu menunjukkan sebanyak-banyaknya kebaikan kepada orang lain? Atau Cinta menerima segala kebaikan dan kekurangan? Atau cinta itu mensortir segala keburukan dan diubah menjadi nilai yang positif? Lantas bagaimana dengan cinta dari orang tua yang mereka tunjukkan dengan cara memarahi anaknya?



Menurut saya, cinta tidak hanya ditunjukkan dengan menampilkan sisi baik dari manusia. Bahkan cinta tidak hanya menjadi alasan orang menutupi keburukan yang dia lakukan. Melainkan cinta menjadi alasan keburukan itu dirubah menjadi kebaikan lainnya.

Cinta tidak cukup dilukiskan dengan notasi matematika, karena terkadang cinta tidak terlihat dengan kasat mata. Pernahkah kita melihat 'zat' yang dinamai cinta? 'Zat' yang abstrak, namun tampak dalam interaksi sosial manusia.

Pertanyaan kedua, Abstrak kah cinta? Ya, namun bisa dirasakan dan diaplikasikan dalam kehidupan. Cinta tidak cukup dilihat halaman depan dari bukunya. Sebuah buku yang bernama 'cinta' tidak akan bisa dirasakan pesan dan maknanya jika tidak dibaca. Cinta itu ibarat ilmu, perlu pemahaman!

Karena Cinta belum tentu bisa dirasakan dari sisi luar manusia, tetapi mencakup aspek 'dalam' nya. Aspek 'dalam' ini diidentikkan dengan sikap dan tingkah laku orang tersebut. Serta bagaimana ia memperlakukan orang yang dicintainya. Bisakah hal ini hanya dilihat dari 'luar' saja? Oleh karena itu, cinta membutuhkan pemahaman!

1 comment:

lily runtukahu said...

cinta butuh pemahaman dalam kesulitan untuk memahami apa arti "paham" dalam "cinta"..
memahami cinta seperti memahami sebuah ilmu yang sulit dipahami,terlalu rumit untuk dipelajari, terlalu dalam untuk diselami..

210490