11 August 2011

Analisis atas Peluang Barcelona Mempertahankan Gelar Liga Champions

Bertahan di tahta juara atau malah tersingkir. Menurut analisis saya, terdapat tiga faktor yang dapat melanggengkan tahta juara El Barca di tahun depan.

Pertama, dari segi komposisi pemain. Messi, Iniesta, dan Xavi sebagai roh permainan. Plus Villa yang konsisten serta Pedro yang semakin bersinar. Jangkar tengah dipegang oleh Busquets. Ditambah masih ada pelapis sekelas Bojan , Affelay , Keita, Thiago, dan Mascherano di bangku cadangan.

Namun, perlu penyegaran di sektor pertahanan dan kiper karena sering terjadi kecolongan di sini. Optimalisasi pemain muda bisa menjadi solusi.


Kedua, hubungan antar pemain layaknya keluarga ditambah Guardiola yang mampu memberi motivasi kepada pemain. Hal ini menjadi nilai plus El Barca dalam mempertahankan gelar di tahun depan.

Ketiga, sihir Tiki-Taka masih jadi andalan, bahkan sampai detik ini klub-klub Eropa belum menemukan rumus mematikan Barcelona. Madrid-nya Mourinho yang sempat menyusahkan dengan formasi defensif, harus kemasukan 7 gol dalam 1 musim melawan Barca. Pantas jika muncul optimisme Azulgrana dapat mempertahankan prestasinya di tahun depan. Mungkin hanya bad luck yang bisa menghadang El Barca dari mempertahankan gelar juara.

050611

No comments: